Sebagai lembaga yang mengawasi proses belajar siswa yang masih remaja, sekolah harus memiliki langkah-langkah penanganan. Langkah-langkah untuk menangani siswa yang suka bermain game digunakan sebagai referensi untuk meningkatkan siswa. Lihat ulasan singkat berikut tentang apa yang dapat dilakukan sekolah untuk membuat siswa mengurangi hobi mereka bermain game:

  1. Carilah penyebabnya

Sekolah perlu mencari penyebab siswa menyukai permainan. Apakah itu faktor kebiasaan sejak kecil, atau menindaklanjuti dengan teman-teman ketika dia pada usia ini.

  1. Selidiki gaya hidup

Selidiki pola manajemen waktu yang dimiliki siswa dalam kehidupan sehari-hari mereka. Guru perlu mengeksplorasi berapa lama siswa bermain game semalaman, kapan dan permainan apa yang mereka mainkan. Selain itu, guru juga perlu mengetahui jadwal belajar siswa. Intinya, guru perlu mengeksplorasi jadwal harian siswa yang suka bermain game.

  1. Diskusi dengan orang tua

Diskusikan dengan orang tua langkah apa yang bisa diambil. Dalam mengubah perilaku siswa yang bersemangat tentang game online, dibutuhkan keterlibatan orang tua secara penuh. Sekolah mengawasi dalam batas-batas tertentu. Ketika siswa berada di rumah, orang tua mengendalikan penanganannya sendiri.

  1. Buat pembatasan penanganan

Perlu membuat batasan untuk penanganan langkah. Guru dapat membuat beberapa tahap penanganan. Apa yang akan diubah pertama, apakah kecanduan? Atau menyelesaikan tugas. Guru perlu membuat langkah-langkah terperinci untuk menangani dirinya sendiri.

Menanggulangi anak remaja yang terobsesi main game hingga lupa waktu download mod apk