Ketika anda menyewakan tanah maka anda akan memperoleh keuntungan dari harga sewa yang anda berikan pada pihak penyewa. Namun sebagai pihak pemilik tanah sebaiknya anda juga perlu mengetahui perjanjian sewa-menyewa tanah tersebut sehingga nantinya perjanjian yang anda lakukan terlindungi oleh hukum. Saat ini praktik sewa-menyewa di Indonesia juga telah dilindungi secara hukum baik untuk pemilik maupun pihak penyewa. Untuk itulah sebaiknya anda mengetahui proses membuat perjanjian sewa-menyewa tanah yang benar dan tepat sehingga perjanjian tersebut sah dan memperoleh perlindungan hukum.

Langkah Membuat Perjanjian Sewa-Menyewa Tanah

  1. Klausul Hak dan Kewajiban
    Klausul ini mewajibkan pemilik tanah dan penyewa harus mengerti serta melaksanakan yang menjadi kewajiban dan berhak memperoleh haknya. Sebagai pemilik tanah, anda berhak memperoleh uang sewa dan menyerahkan tanah dalam kondisi yang sesuai dengan yang tertera dalam perjanjian. Sedangkan pihak penyewa berkewajiban untuk memakai tanah tersebut sesuai dengan fungsinya. Selain itu perlu dijelaskan pula siapa yang harus membayar tagihan biaya yang muncul selama masa sewa. Namun untuk PBB ditanggung oleh pemilik tanah. Sedangkan untuk jangka waktu sewa ditentukan oleh pemilik tanah.
  2. Klausul Biaya Sewa
    Untuk besarnya harga sewa tanah ditetapkan oleh pihak penyewa dan pemilik tanah. Sebaiknya lakukan survey terlebih dahulu untuk menentukan harga sewa tanah sesuai di pasaran. Sedangkan waktu pembayaran sewa juga harus dinegosiasikan dengan pihak penyewa. Selama perjanjian, anda tidak diperkenankan menaikkan harga sewa secara sepihak.
  3. Pengembalian Uang Sewa
    Bila tanah yang disewa diminta kembali oleh pemilik maka pihak pemilik harus mengembalikan uang sewa kepada penyewa. Bila tanah tersebut ternyata bukan milik pemilik tanah maka uang sewa akan kembali pada penyewa.
  4. Aturan Lain Bagi Penyewa
    Penyewa tidak diperbolehkan menyewakan lagi tanah yang sudah disewa tersebut pada pihak ketiga tanpa seizin pemilik tanah tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai proses dalam membuat perjanjian sewa-menyewa tanah yang bisa menambah wawasan anda. Melalui penjelasan di atas bagi anda yang akan melakukan sewa menyewa tanah sebaiknya ketahui proses di atas supaya proses sewa-menyewa berjalan lancar.

Kelebihan dan kekurangan investasi lahan tanah kosong yang nanti akan dijual